Jumat, 31 Januari 2014

Tidak mengharapkan Didoakan Ketika Bersedekah Termasuk Kesempurnaan Ikhlas



من تمام الإخلاص
Termasuk Kesempurnaan Ikhlas


بسم الله، والحمد لله ، والصلاة والسلام على رسول الله ، أما بعد :.

* --- * --- * --- * --- * --- * --- * --- * --- * --- * --- *

من تمام الإخلاص أن لا يطلب المتصدق من المسكين الدعاء :
Termasuk kesempurnan ikhlas tidak meminta didoakan kepada penerima infaq dan sodaqoh kita  sebagaimana firman Allah Ta’alaa:

( إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا )
Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. ( Qs Al Insan : 9 )

{ إنما نطعمكم لوجه اللّه} أي رجاء ثواب اللّه ورضاه
Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah maknanya mengharap balasan dan keridhoan Allah semata  

 { لا نريد منكم جزاء ولا شكوراً} أي لا نطلب منكم مجازاة تكافئوننا بها ولا أن تشكرونا عند الناس
, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. Maknanya kami tidak meminta kepada kalian balasan dan  imbalan  ataupun ucapan terima kasih dari manusia dan dihadapan manusia
(lihat tafsir Ibnu katsir QS al insan : 9 )

قال الشيخ ابن عثيمين :
" والدعاء من الجزاء ، لقول النبي صلى الله عليه وسلم :

" من صنع إليكم معروفاً فكافئوه ، فإن لم تجدوا ما تكافئوه فادعوا له "
As syeikh Muhamamad Shalih Al Utsaimin berkata :  meninta didoakan merupakan imbalan sebagaimana sabda Rasulullah – shalallahu ‘alahi wasallam - :


Barang siapa berbuat kebaikan kepadamu maka balaslah ( sebagai imbalan kebaikannya), jika engkau tidak mendapati yang semisal untuk membalas kebaikannya maka doakanlah dia .

ولا شك أن هناك فرقاً بين الإنسان يعطي لله عز وجل يريد التقرب إلى الله عز وجل ، وبين إنسان يقول : أعطيه من أجل أن يدعو لي. فرق بعيد ".
Tidak diragukan lagi tentu disana ada perbedaan yang mendasar  antara orang yang memberi karena Allah dan mengharapakan agar dekat dengan Allah , dengan orang yang memberi dan berkata : aku member kepadanya agar aku didoakan olehnya.





Keseimpulannya :


Oleh karena itu jika anda member, berinfaq atau bersodaqoh, janganlah berharap ucapan terima kasih atau agar didoakan oleh yang menerima pemberian kita atau mengarapkan agar rizki kita bertambah lebih banyak disbanding uang atau harta yang kita infaqkan, akan tetapi berharaplah balasan dan imbalan dari Allah akan tetapi jika kita didoakan maka itu tidak mengapa sebagaimana hadist Rasulullah tersebut diatas :
   

 [ جوال نور / الشيخ / محمد المنجد ]

( ditambahi tafsir dan kesimpulan) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar