عَنْ أبي قَتادةَ الأنصَاري
رضي الله عَنْهُ قَال: كان رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم يقرأ في الركعتين
الأولَيَيْن مِنْ صَلاةِ الظُّهْر بِفَاتِحَةِ الكِتَابِ وسُورَتين، يُطَوّلُ في
الأولَى ويُقَصِّرُ في الثانِيةِ يُسْمِعُنَا الآَيَةَ أَحْيَاناً. وكان يقرأ في العصرِ بِفَاتِحَةِ الكِتَاب وسُورَتين، يطَوّلُ في
الأولَى ويُقصّر في الثانِيَةِ، وفي الركعَتين
الأُخْريين بأم الكِتَابِ، وَكان يُطَوّلُ في الركعَةِ الأولَى في
صَلاةِ الصُّبْحِ وَيُقصِّـرُ في الثانيةِ.
Dari Abu Qotadah Al Anshory
Radiyallahu ‘anhu dia berkata : “ Rasulullah membaca surat Al fatihah
dan dua surat ( yang lainnya ) pada dua rakaat awal shalat dhuhur, beliau
panjangkan bacaaanya pada rakaat pertama dan lebih pendek pada rakaat kedua terkadang kami mendengarkan
ayat yang beliau baca, , dan beliau membaca surat al fatihah dan dua surat
lainnya ketika shalat asyar, beliau memanjangkan bacaan pada rakaat pertama dan
lebih pendek pada rakaat kedua , dan pada dua rakaat terakhir beliau hanya
membaca Al Fatihah, beliau juga biasa memanjangkan bacaan pada rakaat pertama
pada shalat subuh dan memendekkan pada rakaat keduanya ( Mutafaqun Alaihi
)
Makna
dan faedah Hadist :
1.
Rasulullah
ketika shalat senantiasa memperhatikan kemaslahatan secara umum, karena itu
termasuk kebiasaan beliau adalah membaca surat lain dari Al Qur’an setelah Al
Fatihah pada rakaat yang pertama dan kedua dishalat dhuhur dan asyar, dan tidak
membacanya surat selain al fatihah di rakaat dua terakhir ( rakaat 3 dan 4
pent.)
2.
Disyariatkannya
membaca surat/ayat setelah membaca Al Fatihah pada 2 rakaaat pertama ketika
shalat dhuhur dan asyar
3.
Disunnahkan
mencukupkan bacaan Al Fatihah pada 2 rakaat terakhir ketika shalat dhuhur dan
asyar ( rakaat 3 dan 4 )
4.
Memanjangkan
bacan pada rakaat pertama dari pada rakaaat kedua ketika shalat dhuhur dan
asyar.
5.
Sunnahnya
bacaan sirr (samar-samar) pada dua
shalat ini .
6.
Sunnahnya
memanjangkan bacaan rakaat pertama dari rakaat kedua ketika shalat subuh.
7.
Berkata
Imam Nawawi :” sisi yang kedua disunnahkan sengaja memanjangkan bacaan pada
rakaat pertama “ ini adalah pendapat yang terpilih yang sesui dengan dzahirnya
sunnah.
Dinukil dr : Kitab Taisirul 'Alam syarah 'Umdatul Ahkam, Karya
Abdullah Shalih Alu Bassam, Kitab As Sholat, Bab qiroatu fis shalat ,
hadist no : 95 Jilid 1, hal: 161 Cet.
Maktabah Ar Rossyid Riyadh – KSA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar