عَنْ أبي مَسْلَمَةَ - سَعِيدِ بْن يَزِيدَ- قال:
سألتُ أنَسَ بنَ مَالِكٍ
رضيَ الله عَنْهُ: أكَانَ النَّبي صلى الله عليه وسلم يُصَلِّى في
نَعْلَيْهِ؟ قَال: نَعَمْ.
Dari Abu Maslamah – Said bin Yazid –
berkata : “ saya bertanya kepada Anas Bin Malik apakah Nabi pernah shalat
dengan mengunakan kedua sandalnya ?
“beliau menjawab ya pernah “ (
Mutafaqun Alaihi ).
Makna dan Faedah Hadist :
1. Sunnahnya shalat
dengan mengunakan kedua sandal karena hal itu dilakukan oleh Rasulullah
2. Bolehnya masuk
masjid dengan mengenakan kedua sandal , setelah dibersihkan dari kotoran najis.
3. Dugaan kuat
tentang najisnya kedua sandal tidaklah meniadakan hukum asal sucinya kedua
sandal tersebut.
4. Dizaman ini
shalat dan masuk masjid dengan memakai sandal terkadang menjadi muskilah (
permasalah rumit ) karena masjid saat ini lantainya sudah dikeramik dan bukan
tanah seperti zaman Rasulullah , sedangkan sunnah Nabi membolehkan hal itu
bahkan sunnah, dan termasuk sunnah yang harus dijaga, rasulullah bersabda :
“selisihilah orang-orang yahudi
karena mereka tidak pernah shalat dengan memakai sandal dan tidak pula dengan
sepatu-sepatu mereka ( Hr. Abu Dawud Dari Syaddad Bin Aus )
Karena itu jika mengerjakannya
ataupun meningalkannya akan menimbulkan fitnh dan kejelekan yang lebih besar
dari maslahatnya maka perhatikanlah kemaslahatannya karena syari’at ini ada
yakni diutamakan pengamalannya ( bisa disaat shalat ied ditanah lapang dsb ),
jika didapati kemaslahatannya yang murni atau yang lebih kuat dibanding
mafsadah/kerusakannya , sehingga dikerjakan atau ditingalkannya kondisional.
5. Dalam riwayat
abu dawud dari hadist abu sa’id al khudriy rasulullah bersabda :
Apabila salah seorang dari kalian
datang ke masjid maka lihatlah jika kalian mendapati di kedua sandal tsb ada
kotoran atau najis maka usaplah ( bersihkanlah ) dan shalatlah dengannya. Dari
hadist ini syarat sandal atau sepatu yang boleh dipakai ketika shalat adalah
yang tidak ada kotoran atau najisnya ,
Dinukil
dr : Kitab Taisirul 'Alam syarah 'Umdatul Ahkam, Karya Abdullah Shalih Alu
Bassam, Kitab As Sholat, Bab Sifat Shalat Nabi , hadist no : 90 Jilid 1,
hal:152-153 Cet. Maktabah Ar Rossyid Riyadh – KSA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar